advertisement

Review AJazz AK33 RGB Mechanical Keyboard : Keyboard Compact Dengan Harga Menarik!

Ajazz AK33 - RGB Mechanical Keyboard

Review AJazz AK33 RGB Mechanical Keyboard - Keyboard Compact Dengan Harga Menarik!

AJazz AK33 adalah salah satu mechanical keyboard RGB yang termasuk affordable dengan harga 720 ribu-an (Januari 2018). Keyboard manis berjenis TKL ini termasuk compact serta memiliki sesuatu yang sudah umum di mata para gamers, yaitu RGB lightning. Apakah benar keyboard ini recommended dan terbaik di kelasnya? Yuk kita cek reviewnya!

Packaging

Box Ajazz AJ33 hadir dengan cukup simpel tanpa kesan gaming apapun. Keyboard ini dibungkus dengan kardus coklat dengan logo AJazz di depannya. Setelah dibuka, kamu akan mendapatkan box cover kedua lagi dengan warna hitam. Double packaging seperti ini sangatlah patut diapresiasi karena akan melindungi barang didalamnya. Di dalam box cover, kamu akan mendapatkan keyboardnya sendiri, sebuah kuas kecil untuk membersihkan keyboard, sebuah keypuller untuk mengganti keycaps, kabel USB, serta kertas-kertas manual berbahasa mandarin yang tidak akan kamu baca. Salah satu aspek yang cukup membuat saya terkesan adalah kabel USB yang sudah gold-plated. Sayangnya, kabel tersebut belumlah braded. Walau begitu, kabel tetap terasa kokoh dan terasa tidak murah.

Layout dan fitur

Keyboard AJazz AK33 hadir sangat manis dengan size TKL 75% tenkeyless. Namun bedanya, keyboard ini memiliki keys yang lebih rapat dibanding keyboard TKL lainnya sehingga akan lebih kecil dan compact. Build quality dari keyboard ini sendiri cukup solid walaupun dengan bahan plastik. Saya sendiri sangat suka dengan layout keyboard ini, karena akan terlihat lebih simpel dan tidak memakan tempat yang banyak. Keys dari keyboard ini pun semakin ke bawah akan semakin rendah, sehingga sedikit memudahkan kita ketika sedang mengetik menggunakan stand.

Keyboard ini memiliki floating keys yang berguna untuk mengefektifkan rgb lightning, sehingga terlihat lebih kuat dan terang. Keyboard ini menggunakan Switch Zorro Blue, feelnya agak mirip dengan Cherry MX Blue. Feel typingnya pun masih sama seperti Cherry MX Blue, rusuh tetapi satisfying. Feel mengetik dan main game pun lancar tanpa ada masalah yang berarti bagi saya. Salah satu hal yang sangat disayangkan adalah LED Indicator untuk caps lock berwarna merah sendiri, sehingga jika menggunakan mode rgb lalu menyalakan caps lock, warna led merah pada caps lock akan bertabrakan dengan warna RGB dari keys lain. Walau begitu, RGB lightning dari keyboard ini dapat di custom lebih dari 15 efek, cukup dengan menekan tombol FN + F8 atau bisa mendownload software AJazz di internet. Saya sendiri lebih sering menggunakan tombol karena lebih cepat dan simpel.

Untuk backplate dari AJazz AK33 ini sendiri masih menggunakan plastik glossy yang mungkin akan mudah terkena sidik jari. Namun ini hanyalah hal minor karena backplate tidak akan diperhatikan. Di bagian bawah backplate sendiri ada stand keyboard yang akan memudahkan jari untuk mengetik jika keys terlalu rendah.

Spesifikasi Ajazz AK33

  • Model : AJAZZ AK33 RGB
  • Jumlah Keys : 82 Keys
  • Tekanan Keys : 60+/-20gf
  • Ketahanan Klik : Lebih dari 50 juta kali 
  • Berat  : 60+/-20g
  • Size :310.5 x 120 x 36.8 +/-0.5mm
  • Panjang Kabel  : 1.6m

Kesimpulan

Jadi, keyboard AJazz AK33 ini hadir dengan sangat compact dan manis. Switch yang nyaman, bahkan lebih nyaman dari Cherry MX Blue serta RGB lightning yang sangat customizable membuat keyboard ini sangatlah layak untuk dimiliki. Ada hal-hal minor seperti led capslock yang berwarna berbeda yang masih bisa di toleransi. However, jika kamu tidak suka RGB dan ingin menghemat uang untuk mengambil versi non-rgb, masih ada versi Red Lava yang hadir dengan keycaps hitam dan LED merah saja, atau versi Frost Blue dengan keycaps putih serta LED biru. However, you need to get this!

Price : IDR 720.000,00. (Januari 2018)

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semua isi artikel ini dibangun secara opini dan subjektif :).
- Axel AZ

Post a Comment

0 Comments