advertisement

Mechanical Keyboard [Part 2 Switch]

Mechanical Keyboard [Part 2 Switch]

Yeeeeeeeee........... melanjutkan artikel sebelumnya tentang mechanical keyboard pada artikel kali ini saya akan menjelaskan "SEKILAS" tentang Switch pada mechanical keyboard jadi tanpa basa basi kita langsung saja.
Switch yang saya bahas disini adalah switch cherry mx clone. Switch adalah bagian inti dari mechanical keyboard itu sendiri sebuah benda kotak yang yang berisi spring dan mekanisme lainnya yang memberikan feel paling besar terhadap mechanical keyboard itu sendiri. Secara garis besar tipe switch dibagi 2 yaitu tactical dan linear. Untuk tactical saat anda menekannya akan terasa feel ceklik ceklik, feedback dan hambatan. Untuk linear sendiri anda tidak akan merasakan apa" switch yang satu ini lebih fokus ke kecepatan saat menekan. Sebenarnya switch linear dan tactical sendiri dibagi lagi menjadi beberapa berdasarkan tenaga yang dibutuhkan untuk menekannya.

A. Linear Switch

  1. Red Switch: 45g
  2. Black Switch : 60g

B. Tactical Switch

  1. Brown Switch: 45g
  2. Blue Switch: 50g
Sebenarnya masih banyak switch lainnya seperti clear,silver bahkan pink tetapi 4 switch di atas adalah warna switch paling umum yang terdapat di pasaran. Akan tetapi walaupun warna dari switch sama anda juga harus memperhatikan merek dari switch tersebut. Berikut merek switch yang merupakan cherry mx clone.
  1. Cherry MX
  2. Geteron
  3. Kailh
  4. Outemu
  5. JWH switch
  6. Kaicheng
Switch di atas merupakan switch yang sering ditemukan dipasaran untuk kualitas sendiri saya rasa Cherry MX adalah yang paling bagus dari segi kualitas karena cherry mx sendiri adalah perusahaan pertama yang membuatnya sisanya hanya mengikuti model yang sudah ada itulah mengapa mereka disebut cherry mx clone. Akan tetapi karena kualitas dari masing-masing switch berbeda maka feel yang dihasilkan juga berbeda tapi masih sejenis karekternya. Adapun merek switch lainnya yang agak jarang ditemukan dan ditunjukkan untuk para kolektor mechanical keyborard adalah.
  1. Zealios
  2. Aristotle
  3. Gastitotle
Saya sendiri kurang mengetahui untuk switch-switch di atas karena saya bukan kolektor mechanical keyboard heheheheh.
Untuk pembagian lebih lanjut adalah bentuk dari switch itu sendiri.
  1. Plate Mounted
  2. PCB Mounted
Untuk penggunaannya cukup disesuaikan dengan PCB (papan sirkuit) yang digunakan, untuk PCB mounted bisa diubah menjadi Plate mounted dengan cara memotong 2 kaki tambahan yang berada di bagian bawah switch. Lalu ada juga switch yang support LED biar lebih beling-beling kecing-kecing (Led biasa atau SMD)
Nah disini saya akan memberikan sedikit tips untuk memilih switch yang tepat untuk kebutuhan anda, dan alangkah baiknya jika anda mencoba langsung ke toko keyboard terjauh.
  1. Brown Switch cocok untuk anda yang menggunakan keyboard untuk segala jenis game dan mengetik.
  2. Blue Switch cocok untuk mengetik dan bermain game RPG tetapi kurang cocok untuk game FPS karena suaranya yang cukup mengganggu.
  3. Red Switch cocok untuk bermain game FPS karena sangat ringan dan membuat tangan tidak mudan lelah.
  4. Black Switch cocok jika menurut kamu red switch terlalu ringan hehehe.
Untuk kalian yang merasa switch kalian terlalu berisik atau jarak untuk menekan tombol sampai bawah terlalu jauh bisa menambahkan aksesoris switch yaitu Rubber O-Ring dempeners. Pilih yang transparan apabila ketboard anda memiliki LED.
Jadi sekian dulu artikel tentang Switch untuk part berikutnya saya akan membahas tentang keycaps :V salam bling-bling kecing-kecing
-Amar Hebat Sekali

Post a Comment

0 Comments